Program Angsa Sadis Antarkan Nganjuk Sabet Penghargaan Tingkat Nasional -->

Javatimes

Program Angsa Sadis Antarkan Nganjuk Sabet Penghargaan Tingkat Nasional

javatimesonline
11 September 2024

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna (tengah) didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk (kanan) dan Asisten Pemerintahan saat memamerkan penghargaan WTN

NGANJUK, JAVATIMES -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk terus berinovasi dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas.


Salah satu inovasi yang dilakukan Pemkab Nganjuk melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk yaitu Angkutan Sekolah Gratis dan Angkutan Sekolah Disabilitas (Angsa Sadis).


Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di Kabupaten Nganjuk.


Fasilitas angkutan yang disediakan oleh Pemkab Nganjuk juga diharapkan mampu mengurangi volume kendaraan pribadi pada jam sibuk. 


Sebagai wujud penerapan kabupaten inklusif, Pemkab Nganjuk telah memberikan kesempatan terhadap semua siswa untuk memperoleh pendidikan, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan, kecerdasan atau bakat istimewa. 


Melalui Dishub Kabupaten Nganjuk telah tersedia layanan angkutan sekolah gratis dan juga angkutan sekolah gratis bagi pelajar berkebutuhan khusus (special needs). 

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna saat menerima penghargaan dari Kementerian Perhubungan

Terdapat 4 rute layanan angkutan sekolah gratis dan 2 rute angkutan sekolah disabilitas yang sudah beroperasional. 


Direncanakan pada pertengahan bulan September terdapat pengembangan rute yaitu 4 rute angkutan sekolah gratis dan 2 rute untuk angkutan sekolah disabilitas. 


Sejalan dengan gagasan dan isu strategis tersebut, maka Kabupaten Nganjuk berpartisipasi dalam Hub Awards yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan. 


Kegiatan ini merupakan wujud apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten atas komitmen dan peran aktif dalam mendukung kemajuan transportasi. 


Kabupaten Nganjuk melalui kegiatan unggulan angkutan sekolah gratis dan angkutan sekolah disabilitas turut dalam kategori inovasi sistem transportasi berkelanjutan dalam kelompok Kabupaten Raya. 


Terdapat beberapa indikator dalam penilaian tersebut yaitu sarana prasarana, komitmen kuat terhadap sektor transportasi, dan penyediaan angkutan umum. 


Sebanyak 24 kabupaten terbaik menjadi nominasi yang mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan inovasi unggulan ke dewan juri pada hari Rabu tanggal 4 September. 


Kemudian, pengumuman pemenang dan penyerahan piala dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 6 September 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta. 

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk saat memamerkan penghargaan Hub Award Kementerian Perhubungan

Pemerintah Kabupaten Nganjuk dinobatkan sebagai kabupaten terbaik pada nominasi sistem transportasi berkelanjutan kategori kabupaten raya. 


Penganugerahan disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia dan diberikan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia kepada Pj. Bupati Nganjuk yang saat acara tersebut hadir didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk. 


Penghargaan ini menjadi stimulus untuk terus berkomitmen dan berkontribusi dalam kemajuan transportasi, pembangunan konektivitas serta pelayanan yang prima terhadap masyarakat.

Penghargaan ini kami persembahkan untuk masyarakat Nganjuk yang mendukung pengembangan transportasi berkelanjutan kabupaten kita, tutur Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko kepada Javatimes, Rabu (11/9/2024).


Pj Bupati Sri Handoko berharap, penghargaan yang telah diraih ini bisa menjadi motivasi bagi sektor lainnya, untuk memberikan keamanan, kenyamanan serta pelayanan terbaik bagi masyarakat Nganjuk.


Lebih jauh Pj Sri Handoko menyampaikan apresiasinya kepada Dishub Nganjuk yang telah menginisiasi program Angsa Sadis, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Nganjuk, terkhusus bagi para pelajar.

Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dalam segala sektor, paparnya.

Pj Bupati Nganjuk dan sejumlah kepala daerah lainnya saat berfoto dengan Wakil Presiden RI usai menerima penghargaan dari Kementerian Perhubungan 

Maturnuwun untuk seluruh jajaran Dishub, semua pihak yang terlibat, dan semua masyarakat Nganjuk yang mendukung program transportasi berkelanjutan kita, pungkas Sri Handoko.


Untuk diketahui, selain meraih penghargaan di Hub Award, Pemkab Nganjuk juga berhasil meraih Ada 2 penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN).


Penghargaan WTN diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota yang dinilai berprestasi dalam penyelenggaraan transportasi perkotaan.


Tujuannya guna menciptakan sistem transportasi perkotaan yang tertib, lancar, selamat, aman, dan berkelanjutan.


Hanya ada 61 Kabupaten/Kota yang memiliki indikator kinerja paling baik dan berhak menerima penghargaan WTN 2024, termasuk salah satunya Kabupaten Nganjuk.




(Tim)