Meski Anggota DPRD Jombang Telah Dilantik, Komposisi Pimpinan Belum Ditetapkan -->

Javatimes

Meski Anggota DPRD Jombang Telah Dilantik, Komposisi Pimpinan Belum Ditetapkan

javatimesonline
05 September 2024

Sekretaris DPRD Jombang Bambang Sriyadi

JOMBANG, JAVATIMES -- Komposisi nama-nama jajaran pimpinan DPRD Jombang periode 2024-2029 hingga kini belum ditetapkan. 


Tercatat saa ini ada empat partai dengan perolehan suara terbanyak pada Pileg 2024 lalu yang berhak menduduki jajaran kursi pimpinan DPRD. Yakni masing-masing satu orang ketua, dan tiga wakil ketua DPRD Jombang. 


Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPRD Jombang Bambang Sriyadi mengungkapkan, penetapan komposisi nama-nama jajaran pimpinan DPRD Jombang periode 2024-2029 didasarkan perolehan jumlah kursi terbanyak apada Pileg 2024 lalu. 


Saat ini ada empat partai politik peraih kursi terbanyak dan berhak atas kursi pimpinan DPRD Jombang. Yakni, PKB dengan perolehan 12 kursi, PDIP dengan 10 kursi, Partai Gerindra 8 kursi, dan Partai Demokrat 6 kursi.

Nantinya komposisi pimpinan ada 1 ketua DPRD dan 3 wakil ketua, jelas Bambang, Rabu (04/09/2024).


Masih kata Bambang, sembari menanti penetapan jajaran pimpinan DPRD definitif, untuk saat ini ditunjuk seorang ketua sementara DPRD Jombang yang dijabat oleh Mas’ud Zuremi. 


Ketua sementara DPRD Jombang tersebut nantinya akan memfasilitasi di antaranya penyusunan tata tertib dewan, pembentukan fraksi, dan alat kelengkapan dewan.

Saat ini baru membahas tentang tata tertib (tatib) DPRD. Jadi untuk pimpinan definitif masih belum sama sekali, urai mantan Camat Jombang Kota ini.


Di sisi lain mantan Kabag Administrasi Pembangunan Setkab Jombang menyebutkan, saat ini masih menunggu surat pengusulan nama-nama bakal calon pimpinan DPRD dari empat parpol peraih kursi terbanyak.

Ini masih menunggu surat dari parpol siapa-siapa saja yang akan ditunjuk, tegas Bambang.

Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Jombang

Ia menambahkan, setelah surat diterima baru dikirim ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk SK pimpinan DPRD Jombang. Calon terpilih ketua DPRD dan wakil ketua DPRD Kabupaten dan diresmikan oleh gubernur atas nama Presiden sebagai kepala negara.

Dari partai itu kita sampaikan ke gubernur untuk SK-nya, imbuh mantan Kabag Pemerintahan Setkab Jombang.


Penghobi olahraga tenis lapangan dan menembak ini menambahkan, setelah pimpinan definitif terbentuk, alat kelengkapan DPRD Jombang juga akan segera dibentuk.

Selekasnya kita akan bentuk untuk alat kelengkapannya. Menunggu SK pimpinan definitif, tandasnya.


Terpisah, Ketua Sementara DPRD Jombang Mas’ud Zuremi menambahkan, saat ini masih membentuk timsus (tim khusus) tatib dan kode etik DPRD Jombang.

Ini baru meminta parpol-parpol untuk struktur fraksi masing-masing, katanya.


Tidak berbeda dengan sebelumnya, saat ini DPRD Jombang terdapat tujuh fraksi. 

Timsus tatib dan kode etik dewan ini nantinya juga dari fraksi masing-masing yang ditunjuk sesuai proporsional masing-masing perolehan kursi, ujarnya.


Setelah itu, baru partai politik yang meraih kursi terbanyak dapat mengirimkan surat untuk penunjukan pimpinan DPRD definitif. 

Jadi masih sangat panjang prosedurnya. Kami juga akan mengikuti kegiatan orientasi di BPKPSDM Jawa Timur selama empat hari, pungkas politisi senior PKB Jombang mengakhiri perbincangan.



(Gading)