Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Gelar Pentas Seni Kentrung Modern Kreasi Baru -->

Javatimes

Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Gelar Pentas Seni Kentrung Modern Kreasi Baru

javatimesonline
02 Agustus 2024
Dinas pendidikan (Disdik) Kabupaten Kediri menggelar pentas seni dalam rangka pagelaran kesenian Aji Geneng Kentrung Kreasi Modern bersama Bathara Guru se-Kabupaten Kediri

KEDIRI, JAVATIMES -- Dinas pendidikan (Disdik) Kabupaten Kediri menggelar pentas seni dalam rangka pagelaran kesenian Aji Geneng Kentrung Kreasi Modern bersama Bathara Guru se-Kabupaten Kediri, Rabu (31/7/2024).


Kegiatan tersebut berpusat di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP) Gedung Kesenian dan Musium Desa Menang Kabupaten Kediri. 


Tema kegiatan tersebut adalah “Kala Senja Di Bumi Panjalu”.


Turut hadir dalam gelaran tersebut diantaranya Bupati Kediri Hinindhito Himawan Pramana, Kepala Disdik Kabupaten Kediri Muhammad Muksin, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Satpol PP, sejumlah kepala sekolah dan guru pendidik se-Kabupaten Kediri, jajaran Polsek Pagu, dan Koramil Pagu.

Acara ini berisi serangkaian kesenian yang dimainkan dan diperankan langsung oleh para guru pendidik dan peserta didik mulai tingkat TK, SD, dan SMP se-Kabupaten Kediri. Pesertanya mencapai 1200 orang, kata Kepala Disdik Kabupaten Kediri Muhammad Muksin.


Acara yang berlangsung meriah dan menghibur itu, kata Muksin, tak luput dari perhatian masyarakat setempat.


Diakui Muksin, pengunjung yang hadir pun tidak sedikit yang berasal dari luar daerah.

Selain karena waktunya sore, mungkin yang membuat masyarakat terhipnotis datang kesini karena alunan musik kreatif modern yang dimainkan oleh para peserta didik atau guru ini sangat kreatif dan enak didengar, bebernya.


Terlebih, kata Muksin, pihaknya juga memberikan ruang untuk UMKM guna mempromosikan dan memasarkan produknya di sekitar gelaran acara tersebut.

Kegiatan ini selain membumikan budaya juga dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini juga dalam rangka menyongsong terbukanya bandara dimana nanti diperlukan kegiatan kesenian tradisional yang akan dipentaskan langsung oleh para guru kala wisatawan hadir di Kediri. Kita pilih tanggal 31 Juli ini juga untuk memperingati tanggal lahirnya Mas Bupati, pungkas Muksin. 



( Rud )