Perigati HUT IBI, IBI Kabupaten Malang Gelar Pelatihan Yoga dengan Pelatih Berpengalaman dan Bersertifikasi -->

Javatimes

Perigati HUT IBI, IBI Kabupaten Malang Gelar Pelatihan Yoga dengan Pelatih Berpengalaman dan Bersertifikasi

javatimesonline
15 Juli 2024

IBI Kabupaten Malang gelar pelatihan yoga dengan pelatih berpengalaman

MALANG, JAVATIMES --  Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Malang tidak kenal lelah dalam mencari dan mengasah keterampilan dengan mengikuti berbagai kegiatan, seperti halnya webinar, seminar, atupun yang berhubungan dengan profesi bidan.


Hal itu dilakukan untuk semakin meningkatkan keahlian di era yang semakin maju sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Dari pantauan awak media pada Minggu (14/7/2024) setelah menggelar puncak kegiatan HUT IBI belum lama ini, para tenaga kesehatan khususnya bidan wilayah Kabupaten Malang mengadakan pelatihan yoga.

IBI Kabupaten Malang gelar pelatihan yoga

Tak main-main, IBI Kabupaten Malang berkolaborasi dengan para pelatih yoga prenatal nasional dan yoga for birth, termasuk diantaranya dari lembaga pelatihan Lovelife Holistic Education Center pimpinan Sherlly Hungan. Sementara pelatih yang didatangkan terdiri dari Uccy Sanjani, pelatih Lovelife yakni Joan Novita dan Brenda yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat.


Saat ditemui awak media Hj. Endah Pujiati selaku Ketua IBI Cabang Kabupaten Malang menjelaskan bahwa kegiatan tersebut masih ada kaitannya dengan rangkaian HUT IBI yang ke-73.

Ini berawal kemarin ada dari anggota kita (praktik mandiri bidan) berkeinginan untuk meningkatkan ketrampilan seperti dalam seminar-seminar dan atau webinar, akhirnya kami menawarkan untuk teman-teman praktik mandiri untuk kegiatan ketrampilan di luar itu, seperti pelatihan yoga. Ini terfokuskan untuk fungsi bidan, katanya.

Pengurus IBI Kabupaten Malang saat berfoto bersama

Hj. Endah menambahkan, karena fungsi bidan itu untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak, jadi pihaknya fokus untuk penanganan ibu hamil (bumil) dengan senam yoga prenatal serta yoga for birth.

Kegiatan ini bisa untuk penanganan ibu hamil usia muda hingga yang sudah mau melahirkan normal, termasuk di situ untuk melatih, menguatkan otot-otot melancarkan kelahirannya, kata Hj. Endah.


Namun demikian, kata Hj. Endah, sebelum bumil melakukan senam ini harus diseleksi dulu untuk melihat ada komplikasi apa tidak. Jika ada, maka harus ada persetujuan dokter dulu baru boleh senam yoga prenatal.

Misalnya pada bumil ada flek-flek pendarahan, tensinya tinggi, jadi secara garis besar senam ini disesuaikan dengan kondisi bumil saat pelaksanaannya, bebernya.


Pada gelaran pelatihan yoga tersebut, diakui Hj. Endah pesertanya berjumlah 33 bidan. Pihaknya juga mendatangkan instruktur senam yoga prenatal dari Pontianak yang memang memiliki kemampuan dan keterampilan dibidang yang diajarkan, ditunjang lagi dengan profesi bidan serta berpengalaman dan bersertifikasi yoga (200RYT).

IBI Cabang Kabupaten Malang gelar pelatihan yoga

Kegiatan ini berlangsung dua hari mulai kemarin, peserta diberi materi teori secara daring dan hari ini untuk materi praktiknya bertempat di Grand Miami Hotel, ucap Hj. Endah.


Untuk diketahui, rangkaian HUT IBI yang ke-73, selain digelar pelatihan yoga, juga ada kegiatan lain seperti santunan anak yatim, silaturahmi ke sesepuh IBI, hingga puncak kegiatan bertempat di pantai Balekambang regent menghadirkan 2000 anggota IBI dan 1000 kader, juga ada seluruh Puskesmas di Kabupaten Malang dan OPD. Bahkan Bupati Malang juga turut hadir dalam puncak kegiatan tersebut.

Adapun peserta hari ini tentunya mendapat alat sebagai sarana dalam praktiknya nanti di masing-masing tempat praktik bidan. Saya berharap dengan adanya kegiatan pelatihan senam yoga prenatal dan yoga for birth ini dapat diikuti teman-teman yang lain, hasil pelatihan ini juga bisa jadi sampingan bidan dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Karena ilmu ini tidak berbeda jauh dari yang biasa dijalani teman bidan itu sendiri, seperti menjaga hingga mengawasi proses kelahiran ibu dan bayi lebih awal yang endingnya bayi lahir sehat, selamat beserta ibunya, pungkas Ketua IBI Cabang Kabupaten Malang.




(Tim)