Ketua KPU Sidoarjo: Media Berperan Penting Turut Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilkada 2024 -->

Javatimes

Ketua KPU Sidoarjo: Media Berperan Penting Turut Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilkada 2024

javatimesonline
28 Juli 2024

 

Media Gathering 'Peran Media dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024', di hotel Royal View Prigen

SIDOARJO, JAVATIMES -- KPU Sidoarjo menekankan pentingnya sinergitas media dan penyelenggara Pemilu dalam memastikan tahapan Pilkada 2024 dapat dipahami oleh seluruh elemen masyarakat untuk mendongkrak partisipasi tingkat kehadiran dalam menggunakan hak pilihnya.


Hal itu disampaikan Ketua KPU Sidoarjo yang baru dilantik, Fauzan Adhim, dalam pembukaan Media Gathering 'Peran Media dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024', di hotel Royal View Prigen hotel elite di  Prigen, Pasuruan, Sabtu (27/7/24) malam.

Kami meyakini media masih menjadi peran penting tersampaikan sebuah informasi publik, khususnya terkait tahapan dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2024. Untuk itu, kami berharap sinergitas tetap terjalin dengan baik, cetus Fauzan.


Menurutnya, sinergitas antara media dan penyelenggara menjadi bagian penting dari berjalannya pesta demokrasi hingga proses tahapan dan penetapan calon terpilih.


Senada diungkapkan oleh Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Sidoarjo Mukhamad Yasin, menurutnya peran media menjadi poin penting berjalannya pesta demokrasi sesuai dengan fungsinya.

Di tengah derasnya arus sosial media, peran pers masih sangat kuat dalam menentukan jalannya demokrasi. Oleh sebab itu, kami berharap melalui acara ini sinergitas yang terjalin dapat meningkatkan partisipasi pemilih, harapnya.

Media Gathering 'Peran Media dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024', di hotel Royal View Prigen

Media Gathering yang digelar KPU Sidoarjo ini dihadiri puluhan wartawan media cetak, media online dan televisi. Selain Fauzan Adim dan Mukhamad Yasin, acara ini juga dihadiri Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sidoarjo M Natsiruddin Yahya, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sidoarjo Ahmad Nidhom dan Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sidoarjo Haidar Munjid.


Sementara itu, Ketua PWI Sidoarjo Mustain menyampaikan media massa diharapkan dapat lebih kritis dalam membangun sebuah narasi berita tentang Pilkada 2024, sampainya.

Kami berharap teman-teman media dapat lebih kritis memuat berita agar lebih menarik, khususnya untuk mendongkrak partisipasi pemilih dalam mensukseskan Pilkada 2024, tandas Mustain ketua PWI Sidoarjo yang dari koran harian Bangsa. 


Sementara narasumber dari Komisioner KPID Jatim, Afif Amrullah M.EI ia tandaskan fungsi media pada pemilih Pilkada sangat dominan mengingat pers adalah unsur dari pilar demokrasi.


Usai acara dilanjutkan dinner dan nyanyi bersama di loby utama hotel. 



(Khol / Fs)