Isu Penyalahgunaan wewenang dan Penyimpangan Dana Tak Benar, PCNU Banyuwangi Dinobatkan Sebagai PCNU Terfavorit -->

Javatimes

Isu Penyalahgunaan wewenang dan Penyimpangan Dana Tak Benar, PCNU Banyuwangi Dinobatkan Sebagai PCNU Terfavorit

javatimesonline
02 Juli 2024
Ketua PCNU Banyuwangi, H. Mohamad Ali Makki (kanan) menerima penghargaan sebagai PCNU Terfavorit dari Ketua Panitia NU Award PWNU Jatim Moh. Koderi di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Sabtu malam (18/3/2023)

BANYUWANGI, JAVATIMES – Isu penyalahgunaan wewenang dan penyimpangan dana yang terjadi pada Kepengurusan PCNU Banyuwangi kepemimpinan KH. Moh. Ali Makki Zaini adalah tidak benar dan dinilai sangat tidak berdasar.


Wakil Sekretaris PCNU Banyuwangi masa khidmat 2018-2023, Dedy Jumhardiyanto mengaku jika pemberitaan tentang adanya isu penyalahgunaan wewenang dan penyimpangan dana pada era kepemimpinan KH Ali Makki Zaini sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi masa khidmat 2018-2023 sebagaimana pernah dimuat javatimesonline.com tidak benar. 


Pasalnya seluruh kegiatan organisasi dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing bidang dengan semangat gotong royong dan manajemen terbuka. 


Bahkan di masa kepemimpinan Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi yang akrab disapa Gus Makki ini, kiprahnya justru banyak dirasakan masyarakat di tingkat akar rumput melalui program dan aksi nyata. Sebut saja program Sobo Deso, Sobo Madrasah, Sobo Pesantren, Gerakan Ayo Sekolah NU dan masih banyak lagi program lainnya.


Terbukti, PCNU Banyuwangi masa khidmat 2018-2023 mencatat 'tinta emas' dalam ajang NU Award tahun 2023 yang digelar PWNU Jawa Timur. Tidak tanggung-tanggung, PCNU Banyuwangi berhasil menyabet enam kategori sekaligus dan dinobatkan sebagai PCNU Terfavorit.


Enam kategori yang diraih PCNU Banyuwangi itu meliputi kategori lembaga diraih Lembaga Zakat Infaq Shodaqoh (Lazisnu) Banyuwangi sebagai juara 2. Kategori MWCNU diraih MWCNU Purwoharjo sebagai juara 3. Sedangkan kategori ranting NU maju diraih ranting NU Sidorejo Kecamatan Purwoharjo sebagai juara 3.


Selain itu, ada dua pendekar Pagar Nusa Banyuwangi yang meraih Medali Emas pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni NU), yakni Nifa Kiswatunada Nufa Kiswatunnada pada kategori Pencak Silat Kelas B Putri Pelajar dan Bayu Kurniawan peraih medali emas kelas B Putra Santri.


Yang membanggakan, PWNU Jawa Timur menobatkan PCNU Banyuwangi sebagai PCNU Terfavorit karena dinilai PCNU Paling Banyak Menyelesaikan Sertifikat Wakaf dan PCNU Paling Sering Dijadikan Studi Banding.


Untuk bisa lolos sebagai nominator NU award, kata Dedy harus melalui proses dan perjalanan panjang. Di antaranya tahap administrasi dengan mengunggah berkas kepada panitia NU award.


Setelah lolos seleksi administrasi, lanjut Dedy kemudian ada tahapan verifikasi berkas. Tim assessor NU award PWNU Jatim datang langsung melakukan pemeriksaan berkas yang diunggah dan diverifikasi. Tahapan berikutnya yakni presentasi.

Jika ada penyimpangan tidak mungkin kami mendapatkan penghargaan NU Awards Jawa Timur, karena seluruh berkas diunggah dan assessor juga datang untuk memeriksa berkas, pungkasnya.


Catatan Redaksi: Penayangan HAK JAWAB di atas sesuai rekomendasi DEWAN PERS. Berita awal yang diadukan telah dinilai oleh DEWAN PERS melanggar Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Medis Siber. 


Selanjutnya kedua pihak sepakat mengakhiri kasus pemberitaan ini di DEWAN PERS yang diselesaikan secara etik dan tidak membawanya ke jalur hukum.


Dengan ditayangkan pemberitaan ini sekaligus menyampaikan permintaan maaf kepada Saudara KH. Moh. Ali Makki Zaini dan pembaca, atas kesalahan penulisan pada karya jurnalistik kami. 




 (Tim)