Penyembelihan Hewan Kurban di Musala Sabilul Jannah Sidoarjo Merosot Tajam, Ini Kata Pembina Takmir -->

Javatimes

Penyembelihan Hewan Kurban di Musala Sabilul Jannah Sidoarjo Merosot Tajam, Ini Kata Pembina Takmir

javatimesonline
18 Juni 2024
Penyembelihan hewan kurban di Musala Sabilul Jannah 

SIDOARJO, JAVATIMES -- Penyembelihan dan penyaluran hewan kurban di Musala Sabilul Jannah RT 06 Kelurahan Lemahputro, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo merosot tajam pada hari raya Iduladha 1445 Hijriyah tahun 2024.


Pada tahun sebelumnya selalu ada satu atau dua ekor sapi hasil patungan warga yang dibentuk panitia kurban oleh takmir Musala serta puluhan ekor kambing dari mukorrobin. 


Sedang pada penyembelihan kurban pada Senin (17/6/2024) di belakang Musala Sabilul Jannah RT 06 Lemahputro tidak ada seekor sapi pun.


Pada Iduladha kali ini, hanya ada penyembelihan 7 ekor kambing. Penyembelihan dan penyaluran hewan kurban itu dipandu langsung oleh pembina takmir Musala Sabilul Jannah, Drs H. Abdul Kholiq yang sekaligus sebagai ketua RT 06 Lemahputro.


Drs H.Abdul Kholiq mengatakan, agar tahun depan tidak terjadi kemerosotan lagi, pihaknya memerintahkan ketua takmir musala, Mochammad Maksum untuk segera membuat undangan rapat pembentukan panitia kurban, sehingga patungan sapi bisa digalakkan lagi.

Agar tahun kurban berikutnya kembali ada kurban sapi, kami minta ketua takmir untuk membuat undangan pembentukan panitia kurban tahun depan, tutur H. Abdul Kholiq, Selasa (18/6/2024)


Fakta kurban kali ini, kata H. Abdul Kholiq, memang tidak dibentuk panitia kurban, sehingga berimplikasi pada perolehan mukorrobin yang minim. 

Meski penyembelihan tahun ini sedikit, namun semangat dari seluruh warga tidak pernah padam. Terbukti seluruh masyarakat bergotong royong guna mewujudkan kerukunan, termasuk juga dari Karang Taruna Bahana Nusa, kata H. Abdul Kholiq.


Atas kerjasama yang luar biasa itu, H. Abdul Kholiq menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran Karang Taruna Bahana Nusa yang dipimpin oleh Sofis, SH serta Ketua PKK RT 06 Lemahputro, Riyati Wijayatiningsih, SH.

Termasuk juga kepada berjibaku jamaah Musala Sabilul Jannah dan seluruh warga RT 06 Lemahputro. Kami atas nama panitia dan ketua RT 06 mengucapkan terima kasih, tandas H. Abdul Kholiq.


Momentum Iduladha, kata H. Abdul Kholiq, diharapkan dapat menjadi penyemangat pihaknya untuk selalu peduli sesama dan rela berkorban terhadap apa yang dimiliki 

Diharapkan juga apa yang telah dilakukan panitia dan warga Kelurahan Lemahputro bisa bermanfaat bagi semuanya, tandas Ketua RT 06 Lemahputro jebolan IAIN Sunan Ampel Surabaya ini.


Kami juga mendoakan, semoga yang berkurban kali ini bisa dilipatgandakan rezekinya oleh Allah SWT dan tahun berikutnya bisa berkurban kembali, serta warga yang masih belum bisa berkurban kali ini juga diberikan rezeki yang lapang sehingga tahun berikutnya bisa berkurban untuk sesama, imbuh H. Abdul Kholiq.




(Khol / Fs)