Atlet Binaan KONI Tulungagung Harumkan Nama Daerah, Ini Harapan Pelatih -->

Javatimes

Atlet Binaan KONI Tulungagung Harumkan Nama Daerah, Ini Harapan Pelatih

javatimesonline
22 Mei 2024
Atlet KONI Tulungagung harumkan nama daerah

TULUNGAGUNG, JAVATIMES - Nama Tulungagung harum. Hal itu selaras dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh atlet olahraga binaan KONI Tulungagung.


Di kejuaraan di tingkat nasional misalnya. Atlet olahraga cabang senam lantai meraih sejumlah medali di berbagai cabang yang dilombakan.


Ditemui di basecamp pelatihan Gymnasium Persani Tulungagung di Desa Panggungrejo Kecamatan Kota Tulungagung pada hari Selasa (21/5/2024), Didit Yunianto pelatih sekaligus pembina atlet senam lantai menyampaikan bahwa awal mula terbentuknya pembinaan atlet senam lantai pada tahun 2013 dengan jumlah atlet artistik sebanyak tiga orang.

Seiring berjalanya waktu, sekarang jumlah atlet yang berlatih dan dibina oleh Koni Tulungagung sudah berjumlah kurang lebih 50 atlet yang terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga tingkat Perguruan Tinggi, katanya.

 

Masih disampaikan Didit Yunianto, kesuksesan dari atlet tidak serta merta membalikan telapak tangan. Dibutuhkan keterampilan dan kesabaran para pelatih untuk menggembleng mereka jadi atlet yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Juga peran orang tua sebagai motivator diperlukan, jelas Didit.


Didit menambahkan, sejumlah 50 atlet tersebut dibimbing oleh lima pelatih yang berpengalaman.

Para pelatih pada umumnya juga berprofesi sebagai guru olahraga di wilayah Kabupaten Tulungagung, imbuhnya.


Didit menguraikan, atlet binaanya banyak meraih prestasi yang mengharumkan nama Kabupaten Tulungagung dan Jawa Timur 

Pada tahun 2023 di kejuaraan tingkat propinsi meraih dua medali emas pada cabang olahraga senam lantai artistik putri. Kemudian pada senam lantai remix dan sport aerobic putri masing-masing meraih medali perunggu, tandasnya.


Selanjutnya pada Mei 2024 di kejuaraan tingkat propinsi di Surabaya, atlet senam lantai dari Tulungagung mendapatkan tiga medali emas, empat medali perunggu, dan lima medali perak, tambah Didit 


Adapun harapan ke depan dari para pembina dan pelatih para atlet mempunyai keberanian untuk meraih prestasi yang lebih tinggi di ajang lomba bergengsi.

Kami juga mengharapkan support dari orang tua pada anak-anaknya agar lebih bersemangat dan ditingkatkan prestasinya, harap Didit.




( Rudy )