Antisipasi Luapan Air, Pemdes Wonoplintahan Rehabilitasi Saluran Air Warga -->

Javatimes

Antisipasi Luapan Air, Pemdes Wonoplintahan Rehabilitasi Saluran Air Warga

javatimesonline
21 Mei 2024
Pekerja sedang mengaduk campuran semen pasir diawasi TPK

SIDOARJO, JAVATIMES -- Pemerintah Desa (Pemdes) Wonoplintahan, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, mengambil langkah antisipasi terjadinya banjir di musim penghujan dengan merehabilitasi saluran air atau gorong-gorong.


Rehabilitasi itu dilakukan di wilayah RT/01-02, desa setempat.


Berkaca pada tahun sebelumnya, banjir sering terjadi akibat tidak maksimalnya saluran pembuangan air. 

Upaya pencegahan banjir di wilayah desa, khususnya RT 01 dan RT 02 salah satunya yaitu dengan cara melakukan rehabilitasi saluran air yang mampet dan membangun pembuangan air, ucap Kepala Desa Wonoplintahan Joko Setyanggono, Selasa (21/5/2024).


Dia berharap upaya rehabilitasi saluran air di wilayahnya itu bisa memperlancar aliran air sehingga meminimalisir terjadinya banjir disaat musim penghujan.Selain itu juga mengantisipasi terjadinya wabah penyakit yang ditimbulkan dari adanya genangan air. 

Jadi kami ingin masyarakat juga sehat, tidak ada penyakit-penyakit yang membahayakan dengan adanya genangan air di wilayah kami, katanya.


Tak hanya itu, Pemdes Wonoplintahan juga menargetkan akan membangun saluran air di RT yang lain dari usulan masyarakat. 

Dengan begitu, antisipasi banjir dimusim penghujan bisa berjalan maksimal dan Desa Winoplintahan menjadi desa bebas banjir, ucap Joko.


Agung Utomo Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) menyampaikan bahwa pembangunan rehabilitasi saluran air warga menggunakan anggaran dana desa.

Pembangunan menggunakan anggaran dana desa tahun 2024 dengan luas sepanjang 150 m dengan estimasi anggaran Rp 60 juta, tandasnya.



(Lie/Khol)