Jalan di Nganjuk Siap Dilewati Pemudik, Kadis PUPR: 96 Persen dalam Kondisi Mantap -->

Javatimes

Jalan di Nganjuk Siap Dilewati Pemudik, Kadis PUPR: 96 Persen dalam Kondisi Mantap

javatimesonline
05 April 2024

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo saat meninjau lokasi perbaikan jalan, Jumat (5/4/2024)

NGANJUK, JAVATIMES -- Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo memastikan infrastruktur jalan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, siap dilalui pemudik pada masa arus mudik hingga milir Lebaran 2024 meskipun masih ada beberapa ruas jalan yang berlubang.

Meskipun Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk terus berbenah melakukan perbaikan jalan kabupaten, namun kami nyatakan semua jalan siap dilalui pemudik, kata Kepala Dinas PUPR Nganjuk, Gunawan Widagdo, Jumat (5/4/2024).


Dikatakan Gunawan, pada penanganan perbaikan jalan, sedianya pemerintah telah membagi tiga bagian sesuai kewenangannya, yakni jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten.

Untuk jalan nasional sudah dilakukan penanganan oleh Pemerintah Pusat. Begitu juga jalan provinsi ditangani provinsi, dan Pemkab Nganjuk menangani jalan-jalan kabupaten. Seperti halnya yang dilakukan kami setiap hari, ujar Gunawan.


Gunawan mencontohkan, perbaikan jalan berlubang dan bergelombang di Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk, tepatnya di perlintasan Kereta Api (KA) Jalan Mastrip. Pengerjaan berupa penambalan jalan tersebut terus dikebut.

Sebagaimana SK jalan tahun 2016, panjang ruas jalan Kabupaten Nganjuk adalah 1.153,48 kilometer. Dari total tersebut, 96 persen di antaranya dalam kondisi mantap, imbuhnya.


Sedangkan sisanya, kata Gunawan, dalam kondisi tidak mantap atau dalam kondisi rusak ringan hingga rusak berat. Guna mengatasi itu, Dinas PUPR telah membentuk lima tim unit reaksi cepat pemeliharan jalan (URC PJ) yang bekerja 24 jam.

Tim URC PJ di lima wilayah siap bergerak di sejumlah ruas jalur mudik. Kami harapkan dengan kondisi jalan yang mulus, para pemudik aman dan nyaman saat melewati jalan Kabupaten Nganjuk, ungkap mantan Kepala Disporabudpar Kabupaten Nganjuk.


Dalam kesempatan terpisah, Kapolres Nganjuk mengatakan bahwa untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pemudik, pihaknya juga telah menyiapkan delapan Pos Pengamanan (Pospam) dan satu Pos Pelayanan (Posyan) di sejumlah lokasi. 

Polres Nganjuk bersama pihak terkait juga akan menyiagakan 672 personel gabungan terdiri dari aparat TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Linmas, Damkar, PMI, Pramuka, Senkom, dan Orari di 9 pos yang kita siapkan, kata Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024 di halaman Mapolres Nganjuk, Rabu (3/4/2024).


AKBP Muhammad menjelaskan, delapan Pospam dan satu Posyan itu akan disiagakan di sejumlah lokasi vital di Kabupaten Nganjuk. 

Yakni, Posyan Pujahito di Jalan Panglima Sudirman, Pospam Terminal Anjuk Ladang, Pospam Kertosono, Pospam Barong, Pospam Kelutan, Pospam Wilangan, Pospam Pace, Pospam Sedudo, dan Pospam Nyawiji di Jl Ahmad Yani, tandasnya.


Sebagai informasi, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur merupakan salah satu jalur alternatif poros tengah Jawa, penghubung antara Surabaya dan Yogyakarta menuju Jawa Barat dan Jakarta atau sebaliknya. Jalur tersebut difungsikan untuk mengurai kemacetan di jalur Pantura dan jalur Selatan Jawa.




(AWA)