Gelar Donor Darah, Direktur RSD Kertosono: Rutin Tiga Bulan Sekali -->

Javatimes

Gelar Donor Darah, Direktur RSD Kertosono: Rutin Tiga Bulan Sekali

javatimesonline
02 Maret 2024

Gelaran donor darah di RSD Kertosono

NGANJUK, JAVATIMES -- Kebutuhan darah di Kabupaten Nganjuk, kian hari semakin meningkat. 


Untuk menjaga stok darah tetap aman, Rumah Sakit Daerah (RSD) Kertosono menggelar aksi donor darah, Kamis (29/2/2024). Kegiatan itu dipusatkan di Instalasi Laboratorium RSD Kertosono.


Kegiatan hasil kerja sama RSD Kertosono dengan UPT Transfusi Darah PMI Kabupaten Nganjuk itu tak hanya diikuti staff RSD Kertosono saja. Sejumlah pngunjung juga ikut ambil bagian dalam glaran ini.

Berdasarkan catatan kami, setidaknya terdapat 40 orang yang mendonorkan darahnya hari ini, kata Direktur RSD Kertosono dr Suharyono kepada Javatimes, Kamis (29/2/2024).


Kegiatan donor darah ini, kata dr Suharyono, menjadi agenda rutin RSD Kertosono yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

Aksi donor darah ini merupakan bentuk kepedulian antar sesama dan membantu orang lain. Sebab satu kantong darah dapat menyelamatkan banyak nyawa, kata dr Suharyono. 


Di sisi lain, lanjut dr Suharyono, para pedonor pun juga mendapat banyak manfaat untuk kesehatannya seperti membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga kesehatan organ jantung.

Selain itu donor darah juga bisa sebagai cara mendeteksi penyakit serius, beber dr Suharyono.


Dijelaskan dr Suharyono, sebelum calon pendonor mendonorkan darahnya, terlebih dulu mereka melalui screening awal untuk kesiapan sebelum donor. Dimulai dari mengecek kesehatan tubuh secara umum. Kemudian, calon pendonor cek HB darah.

Setelah dinyatakan lolos oleh petugas, maka pendonor darah akan diambil darahnya oleh petugas yang telah siaga di tempat pengambilan darah, tandas dr Suharyono.

 
Gelaran donor darah di RSD Kertosono

Untuk screening awal hingga pelaksanaan donor darah, kita dibantu oleh empat petugas PMI Kabupaten Nganjuk. Kemudian kami juga siagakan 8 petugas laborat Rumah Sakit Daerah Kertosono untuk membantu gelaran donor darah tersebut, sambung dr Suharyono.


Di akhir pernyatannya, dr Suharyono mengucapkan terimakasih kepada semua pendonor darah yang telah bersedia mengikuti kegiatan rutin ini. Ia berharap, ke depan akan lebih banyak lagi yang berpartisipasi dalam kegiatan serupa.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada UPT Transfusi Darah PMI Kabupaten Nganjuk yang telah bersedia menjadi wadah RSD Kertosono dalam melaksanakan kegiatan donor darah ini. Semoga sinergitas PMI dan instansi terkait lainnya tetap terjalin dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Nganjuk melalui kegiatan donor darah ini, pungkasnya. 




(AWA)