Dukung Program Pemerintah, KPH Malang, Kodim 0818, dan PT Advanta Tinjau Lapangan -->

Javatimes

Dukung Program Pemerintah, KPH Malang, Kodim 0818, dan PT Advanta Tinjau Lapangan

javatimesonline
22 Maret 2024
KPH Malang, Kodim 0818, dan PT Advanta Tinjau Lapangan 

MALANG, JAVATIMES -- Dalam rangka mendukung pemerintah untuk program ketahanan pangan nasional di wilayah Kabupaten Malang khususnya Kecamatan Sumber Manjing Wetan dan Kecamatan Gedangan, KPH Malang, Kodim 0818, dan PT Advanta tinjau lapangan.


Bertempat di Dusun Rowo Trate Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan pada Selasa (19/3/2024) pukul 10.40 WIB, mereka melakukan peninjauan lahan yang lokasinya berada di kawasan hutan masuk lokasi IPHPS/HKM KTH Harapan Pertiwi serta KTH Bangkit Sejahtera Gajahrejo Desa Gajah Rejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang.


Kegiatan tersebut dari pantauan awak media dihadiri oleh sekitar 14 perwakilan dari pihak terkait seperti Kasdim 0818 Mayor Czi Supaat, Pasiter kodim 0818 Kapten Inf Mujiono, Danramil 16 Sumawe Kapten Inf Irwan Dwi Wahyono beserta tiga anggota, Danramil Gedangan Kapten Arm Yombundaya beserta dua anggota.


Dari Perum Perhutani Kph Malang di wakili oleh Waka Adm Malang Timur Bambang Ribudiono, Asper Sumber Manjing Amir chamzah, KRPH Sumber Agung Mendung Hp, KRPH Bantur Sutarto, ada Catur juga Ichwan perwakilan dari PT. Advanta, PPL Kecamatan Gedangan Unggul, Ketua KTH Harapan Pertiwi Purnadi, Ketua KTH Bangkit Sejahtera Gajahrejo Irut hari dan ketua Gapoktan se-Kecamatan Gedangan.


Menurut Adm KPH Malang melalui Waka Adm Bambang R saat ditemui wartawan Jumat (22/3/2024) menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan dimulai pukul 10.40 WIB. Saat itu rombongan menemui Kades Sitiarjo Misniati, dilanjutkan kunjungan ke kawasan hutan Pantai Teluk Asmara ikut Dusun Rowo Trate untuk peninjauan lahan serta wilayah goa China, Watu leter dan Kamhut Perhutani Pantai Bajul Mati.

Kemudian sekira pukul 13.35 WIB memberikan arahan pada PPL dan Gapoktan Kecamatan Gedangan dengan disertai sesi tanya jawab, setelah itu rombongan juga meninjau lahan sawah sekitar pantai parangdowo seluas 13,5 ha di tutup mensurvei sumber air sekitar lokasi, bebernya.

KPH Malang, Kodim 0818, dan PT Advanta Tinjau Lapangan 

Adapun tujuan dari giat tersebut adalah dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional program mabes TNI dan kementrian LHK seluruh Indonesia, khususnya wilayah Jawa timur dimana Kodim 0818 mendapat alokasi penanaman sekitar 200hektar yang lokasinya sudah ditentukan yakni Malsel Sumbermanjing Wetan juga Gedangan seperti keterangan di atas.

Setelah disurvei, untuk wilayah KTH Harapan Pertiwi Sumawe cocoknya dikembangkan budidaya jagung dengan mempertimbangkan ketersediaan air dan aksebilitas serta topografi karena harus ditanam pada tahun 2024, serta untuk KTH Harapan Pertiwi secara potensi cukup luas, tetapi data riilnya masih mau didata terkait petani penggarap masing-masing kelompok, tambahnya.


Sedangkan di lokasi pemegang izin IPHPS/HKM KTH Bangkit Sejahtera potensi tidak terlalu luas, tetapi masih ada yang bisa dikembangkan untuk ketahanan pangan dengan tanaman jagung.

Dan rencana tindak lanjut ke depannya, Kodim 0818 akan duduk bersama masing-masing pemegang izin IPHPS/HKM, CDK, Perum Perhutani KPH Malang untuk FGD guna memastikan lokasi lahan yang cocok juga dari peralatan pendukung akan dibantu sarana prasarana serta pihak dinas terkait seperti dinas pertanian akan dilibatkan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional, pungkasnya 



(tim)