Disdikbud Jombang Gelar Workshop san Lokakarya Seni Jaranan -->

Javatimes

Disdikbud Jombang Gelar Workshop san Lokakarya Seni Jaranan

javatimesonline
13 Maret 2024

Disdikbud Jombang gelar workshop dan lokakarya 

JOMBANG, JAVATIMES -- Seni Budaya merupakan aset kekayaan bangsa yang berharga dan patut dilestarikan. Salah satunya seperti yang dimiliki Kabupaten Jombang, yakni seni jaranan dor. 


Oleh karena itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menggelar Workshop & Lokakarya Seni Jaranan Dor di Gedung Kesenian Disdikbud setempat, pada Rabu (06/03/2024) pagi.


Kegiatan ini merupakan latihan sekaligus bukti bahwa Kabupaten Jombang masih eksis dalam menjaga dan melestarikan seni budaya asli daerah Jombang. Sebanyak 250 peserta turut menyaksikan penampilan yang memukau dari anak-anak Jombang yang menampilkan seni Jaranan Dor tersebut. 


Selain itu, kegiatan ini dibuka langsung oleh Senen, Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang. Mantan Camat Mojoagung tersebut mengatakan, bahwa tujuan diadakannya Workshop & Lokakarya Jaranan Dor ini adalah untuk melestarikan budaya dan meraih rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia).

Salah satu tugas kami Disdikbud adalah untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan terdahulu terutama khas hasil karya senior-senior seniman terdahulu. Sehingga kewajiban kita sebagai generasi muda adalah melestarikan budaya salah satunya dengan cara memecahkan rekor MURI, paparnya.

Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang saat memberikan sambutan 

Senen menambahkan, kesenian bisa dijadikan sebagai alat pembentukan karakter bagi masyarakat Jombang.

Selain itu, tujuannya pelestarian seni Jaranan Dor adalah untuk membentuk karakter masyarakat Jombang. Yang berbudaya dan beretika, imbuhnya.


Sementara itu, Sekertaris Disdikbud Kabupaten Jombang Dian Yunitasari mengungkapkan, tujuan meraih rekor MURI dunia melalui jaranan dor adalah sebagai bukti otentik keberadaan seni budaya di Kabupaten Jombang. 

Harapannya, kita lanjutkan jadi data ilmiah sebagai warisan budaya tak benda milik Kabupaten Jombang, pungkas mantan Kabid Kebudayaan Disdibud Jombang ini ramah.




(Gading)