Berkat Kerjasama dengan PD Jasa Yasa, Perhutani KPH Malang Gunakan E-Tiketing di Pantai Balekambang -->

Javatimes

Berkat Kerjasama dengan PD Jasa Yasa, Perhutani KPH Malang Gunakan E-Tiketing di Pantai Balekambang

javatimesonline
25 Januari 2024
PD Jasa Yasa dan Perhutani KPH Malang saat melakukan kerjasama 

MALANG, JAVATIMES -- Terobosan untuk mengelola wisata terus dilakukan Perhutani KPH Malang.


Selain mengikuti perkembangan zaman, terobosan yang dilakukan Perhutani KPH Malang juga dalam rangka memudahkan dan memuaskan wisatawan yang berkunjung di lokasi wisata.


Terobosan ini dinamakan E- Tiketing yaitu pembelian tiket secara online melalui aplikasi dan website pengelola wisata pada tempat yang akan dikunjungi.


Salah satu tempat pengaplikasian E-Tiketing ini yakni di Pantai Regent Balekambang.


E-Tiketing ini juga untuk mempermudah dalam menginput data pengunjung secara lebih rinci. Setelah data lengkap, baru akan mendapatkan validasi dari pihak penyedia layanan.


Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam mengamati data pengunjung dan mempermudah pengunjung agar tidak melakukan antre panjang didepan loket. Akan tetapi bisa pesan tiket melalui online saja sudah cukup dan untuk pembayarannya bisa melalui online dan offline.

Dengan demikian pelayanan kepada pengunjung menjadi sangat efisien dan hemat waktu dan juga kapan terjadinya ledakan pengunjung dan kondisi hari hari normal dapat dipantau melalui traffic pada website e-tiketing, kata Administratur KPH Malang Loesy Triana, Kamis (25/1/2024).

 

Dijelaskan Administratur KPH Malang Loesy Triana, pengaplikasian E-Tiketing ini tidak terlepas dari kerjasama dengan PD Jasa Yasa. Karena berkat kerjasama dari keduanya, aplikasi tersebut dapat digunakan dengan baik.

Penandatanganan MoU Perhutani KPH Malang dan PD  Jasa Yasa

Penandatanganan MoU ini adalah perpanjangan masa aktif kerjasama antara PD Jasa Yasa dengan Perhutani KPH Malang yang diperbaharui setiap 2 tahun sekali. Jika ada kekurangan tentang kesepahaman tentang pengaturan akan diatur kembali dan dituangkan didalam perjanjian sebelum ditandatangani bersama sebagai tanda kesepakan dari para pihak, katanya.


Diuraikan Administratur KPH Malang Loesy Triana, ada beragam cara untuk menyederhanakan sistem kerja untuk mempermudah didalam memberikan pelayanan kepada pengunjung yang akan datang ke area wisata. Salah satunya dengan metode E-tiketing yang saat ini sedang dijalankan oleh setiap pengelola wisata.

Hal ini untuk mempermudah didalam pengawasan serta mempermudah dan mempersingkat waktu yang ada, ungkapnya.

 

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Jasa Yasa R. Jhoni Sujadmiko menyampaikan bahwa PD Jasa Yasa akan terus bersinergi meningkatkan tugas fungsi serta kewenangannya di dalam mengelola kawasan wisata yang telah dikelolanya.


Hal itu dilakukan guna memberikan manfaat kepada masyarakat, pengelola serta dapat memberikan kontribusi kepada negara dalam bentuk pajak.


Keberhasilan di dalam pengelolaan ini tidak lepas dari adanya dukungan dari para pihak dan juga masyarakat yang terlibat langsung maupun tidak langsung.

E-Tiketing adalah merupakan kemajuan teknologi yang harus di ikuti dan harus dapat di implementasikan didalam pengelolaan objek wisata guna memberikan kelancaran dan penyederhanaan sistem kerja menjadi lebih canggih dan optimal, ungkapnya.



(Tim)