Jumlah Wisatawan Terus Meningkat Pasca Karhutla, Adm KPH Lawu: Semoga Pendapatan Melebihi Target -->

Javatimes

Jumlah Wisatawan Terus Meningkat Pasca Karhutla, Adm KPH Lawu: Semoga Pendapatan Melebihi Target

javatimesonline
27 Desember 2023

 
Wana wisata Alas Tuwo

JAWA TIMUR, JAVATIMES -- Setiap unit usaha sudah dipastikan melakukan pembenahan unit usahanya di setiap periode tertentu. Tidak terkecuali unit usaha yang pengelolaannya dikelola oleh swasta, Desa, BUMD kabupaten/ kota, maupun BUMN.


Seperti halnya yang dilakukan Perum Perhutani dalam mengelola unit usaha berupa tempat wisata.


Sebagai bahan penunjang peningkatan target pendapatan, Perum Perhutani yang dalam hal ini diwakili Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds selalu melakukan terobosan dan inovasi-inovasi yang memikat para tamunya.


Terlebih KPH Lawu Ds mempunyai beberapa wisata alam yang berada di kawasan hutan atau bahkan gunung yang memesona. Seperti Gunung Lawu dan beberapa gunung lain di wilayah Madiun, Ponorogo, Magetan dan sekitarnya yang masuk dalam pangkuan Perum Perhutani KPH Lawu Ds Divre Jawa Timur.


Namun begitu disayangkan, beberapa waktu lalu sempat terjadi karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di area Gunung Lawu. Akibat peristiwa itu, petugas gabungan disibukkan untuk memadamkan si jago merah dengan waktu yang tidak singkat.


Tak berselang lama setelah peristiwa itu, KPH Lawu Ds pun langsung berbenah. Terbukti pasca kejadian karhutla di area Gunung lawu, jumlah pengunjung di kawasan tersebut terus menunjukkan angka kenaikan 

Pada kawasan KPH Lawu Ds ada wisata pendakian cemoro Sewu yang berada di lokasi petak 73, kemudian Rph Sarangan BKPH Lawu selatan. Setelah dibuka kembali jalur pendakian ini pasca kebakaran hutan pada bulan November 2023, terlihat perkembangan pengunjung yang signifikan, beber Administratur (Adm) KPH Lawu Ds.

Pos pendakian Cemoro Sewu

Terlebih, tambah Adm KPH lawu Ds, pada momen Nataru, jumlah pengunjung mengalami lonjakan yang cukup banyak.

Terpantau sejak 24 hingga 26 Desember ada 722 orang, tambahnya.


Selain itu, tambahnya, ada lagi Wana Wisata Geni Langit yang berada di petak 79 Rph Ngancar BKPH Lawu selatan KPH Lawu Ds. Wisata ini menawarkan view alam yang indah dengan didukung lereng gunung yang memberikan hawa sejuk dan segar alami sehingga bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung.

Terlebih aksesnya juga mudah ditempuh serta hingga tanggal 26 atau tiga hari terakhir terpantau sudah ada 922 orang wisatawan, kata Adm KPH Lawu.


Lebih jauh, Adm KPH Lawu juga menyebut nama wisata lainnya yakni Alas Tuwo yang terletak di petak 96 Rph Geni langit BKPH Lawu Selatan Kph Lawu Ds. Adapun wisata ini spesial untuk arena camping family dengan view Gunung Lawu.

Kami juga menyediakan alat-alat camping di sana, urainya.


Sementara menyoal jumlah pengunjung selama musim liburan Nataru, Adm KPH Lawu mengungkapkan juga mulai menunjukkan peningkatan.

Sampai dengan tiga hari terakhir sudah ada 143 pengunjung, kondisi makin membaik pasca Covid kemarin, ucapnya.


Adm KPH Lawu menambahkan, selama libur Nataru layanan wisata di seluruh lokasi wana wisata KPH Lawu Ds tetap buka dengan pelayanan maksimal. Pihaknya juga menyatakan siap menyambut tamu sebaik-baiknya.

Kami berharap mereka pulang membawa kesan positif dan tentunya akan kembali mengunjungi lokasi wisata kami dengan membawa serta keluarga, handai taulan, tetangga juga temannya. Dan pada akhirnya untuk realisasi pendapatan bidang wisata KPH Lawu Ds tahun ini bisa melebihi target yang di tetapkan manajemen, pungkas Adm KPH Lawu.




(Tim)