Cari Atlet Catur Berkualitas, Percasi Bersama Disporabudpar dan Lembaga Pendidikan Gelar Kejurkab -->

Javatimes

Cari Atlet Catur Berkualitas, Percasi Bersama Disporabudpar dan Lembaga Pendidikan Gelar Kejurkab

javatimesonline
28 Desember 2023

Kejurkab catur di Gedung Pu Sindok, Nganjuk

NGANJUK, JAVATIMES -- Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Nganjuk berkolaborasi dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk dan Lembaga Pendidikan menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Catur se-Kabupaten Nganjuk selama dua hari di Gedung Pu Sindok, Nganjuk. 


Adapun pelaksanaannya digelar pada Rabu dan Kamis, 27-28 Desember 2023.


Kejuaraan tersebut diikuti sebanyak 176 pelajar, baik tingkat SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA se-Kabupaten Nganjuk, yang terbagi dalam 7 kategori, di antaranya:

  1. Kategori A Putra/Putri usia 19 Tahun (Kelahiran 2004 – 2005)
  2. Kategori B Putra/Putri usia 17 Tahun (Kelahiran 2006 – 2007)
  3. Kategori C Putra/Putri usia 15 Tahun (Kelahiran 2008 – 2009)
  4. Kategori D Putra/Putri usia 13 Tahun (Kelahiran 2010  – 2011)
  5. Kategori E Putra/Putri usia 11 Tahun (Kelahiran 2012 – 2013)
  6. Kategori F Putra/Putri usia 9 Tahun (Kelahiran 2014 – 2015)
  7. Kategori A Putra/Putri usia  7 Tahun (Kelahiran 2016 dan sesudahnya)


Dalam gelaran Kejurkab Catur Kabupaten Nganjuk Tahun 2023 itu turut dihadiri Kepala Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Wakil Ketua Komite Olahraga Nansional Indonesia (KONI) Kabupaten Nganjuk, Kabid Binmudora, dan Ketua Percasi Kabupaten Nganjuk.


Dalam sambutannya Kepala Disporabudpar Nganjuk, Dra. Sri Handariningsih, MM menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penyelenggara Kejurkab Catur se-Kabupaten Nganjuk yang berkolaborasi dengan KONI Kabupaten Nganjuk dan lembaga Pendidikan.

Terima kasih kepada semua yang mendukung terselenggaranya Kejurkab Catur se-Kabupaten Nganjuk tahun 2023, ucap Sri Handariningsih.


Sri Handariningsih berpesan kepada peserta Kejurkab dan atlet catur agar dapat menjaga dan menjunjung sportifitas.

Kalah menang hal biasa, yang paling penting dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah muncul bibit-bibit baru atlet catur yang berkualitas, yang nantinya membawa nama Kabupaten Nganjuk berjaya di cabor catur, serta terus berupaya mengadakan pembinaan berkelanjutan, bebernya.


Hal serupa juga disampaikan Ketua Percasi Kabupaten Nganjuk yang sekaligus sebagai Sekretaris Dinas (Sekdin) Porabudpar, Agus Sugianto, SH. Ia menyampaikan bahwa penyelenggaraan Kejurkab catur se-Kabupaten Nganjuk ini dalam rangka mencari bibit-bibit pecatur usia dini, memotivasi anak-anak agar makin menggemari olahraga catur.

Sekaligus mempersiapkan atlet catur di-Kabupaten Nganjuk mampu bersaing di tingkat Kejurprov, Porprov, serta kejuaraan catur di event-event lainnya, pungkasnya.



(AWA)