Rutan Nganjuk Resmikan Ponpes Darul Iman, Bekal Warga Binaan Saat Bebas -->

Javatimes

Rutan Nganjuk Resmikan Ponpes Darul Iman, Bekal Warga Binaan Saat Bebas

javatimesonline
21 Oktober 2023
Karutan Kelas II B menandatangani prasasti peresmian Ponpes Darul Iman

NGANJUK, DJAVATIMES -- Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) kelas IIB Nganjuk, Bambang Hendra Setiawan meresmikan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Iman diarea Rutan, pada, Sabtu, (21/10/2023). 


Ini sebagai bentuk program dan perhatian pada warga binaan untuk mendapatkan pendidikan Agama Islam yang tertib, terukur dan berkesinambungan.


Lainnya, untuk meningkatkan pembinaan mental rohani Islam dan membentuk santri warga binaan Rutan Kelas IIB Nganjuk yang mempunyai tujuan untuk menjadi lebih baik, bertaubat, beribadah, menuntut ilmu serta menjalani pembinaannya dengan baik. 


Dengan pencapaian akhir, yakni saat menjalani kebebasannya nanti dapat menjadi anggota masyarakat yang aktif dan produktif serta bertanggung jawab. Sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan yang berdasarkan Pancasila.

Ini salah satu bentuk program pembinaan serta bentuk perhatian pemerintah terhadap warga binaan, harapan kami bisa lebih banyak pembelajaran dan hikmah yang diambil dari sini, kata Bambang Hendra Setiawan Karutan Kelas IIB Nganjuk.


Bambang juga mengatakan dengan Ponpes Darul Iman yang diinisiasinya, akan menjadi sarana bagi warga binaan menjadi santri yang berakhlakul Kharimah. Sementara nama Darul Iman yang diambil yakni mengandung harapan agar para santri yang lulus mempunyai iman Islam.


Serangkaian peresmian Ponpes Darul Iman

Dimana keyakinannya pada Allah SWT sebagai dzat pencipta yang memiliki kekuasaan mutlak untuk menciptakan dari ketiadaan menjadi ada tidak hanya dalam lisan tapi juga dibenarkan hati dan diamalkan.

Semoga, dengan adanya Ponpes Darul Iman, dapat terbentuk warga binaan yang intelek dan berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, harapnya.


Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk Nur Solekan, memberikan apresiasi atas inisiatif pendirian Ponpes Darul Iman yang dianggap mampu menjadi wadah untuk menempa warga binaan dalam menangkal paradigma perkembangan zaman yang negatif.

Hari ini saya menjadi saksi sejarah baru atas berdirinya Ponpes Darul Iman di dalam Rumah Tahanan Negara. Semoga Ponpes ini dapat menghasilkan santri binaan yang dapat dibentuk dalam sebuah galeri sehingga menjadi nilai pendidikan, urai Sekda Nur Solekan.


Untuk diketahui, selain peresmian Ponpes Darul Iman, Rutan Kelas IIB Nganjuk juga memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dengan Mau'idzah hasanah KH Ahmad Muwafiq, S.Ag (Gus Muwafiq) dari Yogyakarta yang dikenal dengan pola pikir PBNU dan pernah menjabat sebagai asisten pribadi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). 



(Ind)