Mengenal Bambang Sriyadi, Pria yang Didapuk Sekretaris DPRD Jombang -->

Javatimes

Mengenal Bambang Sriyadi, Pria yang Didapuk Sekretaris DPRD Jombang

javatimesonline
02 Oktober 2023

Bambang Sriyadi bersama istri dan tiga putranya

JOMBANG, DJAVATIMES -- Bagi warga Jombang, siapa yang tidak kenal dengan sosok Bambang Sriyadi.


Pria kelahiran 1968 itu diketahui sedang menjabat Sekretaris DPRD Jombang. Selain dikenal sebagai sosok pekerja keras, pria  yang memiliki nama khas orang Jawa tersebut juga dikenal dengan prinsip "Serius tapi Santai" dalam setiap mengemban tugas yang diberikan kepadanya. 


Sebagai anak pertama dari 6 bersaudara, putra pasangan Moenarianto dan Sri'ah yang berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar dan Petani di desa Dukuharum Kecamatan Megaluh Jombang ini, sudah terbiasa menjadi pemimpin di keluarganya.


Karena terlahir sebagai anak pertama, suami Nurul Rorayanti ini juga merupakan panutan dan tauladan bagi adik-adiknya. 


Tak heran, saat diamanahi sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) oleh mantan Bupati Mundjidah Wahab, Bambang sudah tidak kaget lagi. 


Sebab itu merupakan tanggung jawab mengurus segala keperluan 50 wakil rakyat yang ada di kabupaten Jombang dan semua mampu ditanganinya. Mulai dari agenda internal, seperti rapat kerja legislatif dengan eksekutif atau pun masyarakat umum, penganggaran dewan, hingga tugas-tugas kesekretariatan dewan.


Bambang mengaku tanggung jawab ini bukan saja sebagai pribadi, melainkan tanggung jawab moril terhadap semua kepentingan wakil rakyat yang notabene mewakili masyarakat Jombang yang didukung oleh 50 staf di lingkup Sekretariat Dewan (Setwan). Mulai dari Bidang Umum, Bidang Keuangan, Bidang Persidangan dan Bidang Perundang-undangan. 


Sehingga hasil dari kerjasama harmonis dan komunikatif bersama seluruh jajaran staf Setwan dan para wakil rakyat, sejauh ini berjalan lancar. 


Ayah 3 putra ini mengisahkan, sejak kecil menghabiskan pendidikan dasarnya di SDN Dukuharum Megaluh dan lulus tahun 1981 silam. Kemudian melanjutkan jenjang pendidikan ke SMPN 2 Jombang dan lulus tahun 1984. Setelah itu melanjutkan ke SMAN Ploso pada tahun 1984 -1985, kemudian pindah ke SMAN 2 Nganjuk hingga lulus pada tahun 1987.


Tak berhenti hanya di jenjang SMA saja, Bambang yang lahir tahun 1968 ini melanjutkan kuliah di APDN Malang mengambil jenjang D3 dan lulus tahun 1992. 


Kemudian Bambang menuntaskan pendidikan ilmu pemerintahanya dengan melanjutkan kuliah Strata-1 di Institut Ilmu Pemerintah (IIP) Jakarta, dengan mengambil prodi Pemerintahan dan lulus tahun 1998, rasa haus menuntut ilmu dituntaskan Bambang dengan berkuliah jenjang Strata-2 di kampus Undar Fakultas Ilmu Ekonomi dan lulus tahun 2011.

Bagi saya pendidikan itu penting. Selain untuk meningkatkan pengetahuan, juga sekaligus untuk meningkatkan kapabilitas dan karier sebagai abdi negara, urai Bambang yang menjadi PNS tahun 1994 lalu.


Sejak diterima menjadi pegawai negeri sipil, perlahan tapi pasti kariernya terus berkembang. Promosi awal jabatan yakni sebagai Kaur Administrasi di Kecamatan Ploso tahun 1998 Selanjutnya dipromosikan menjadi Sekcam Kudu dari tahun 1998 hingga 2001. Kemudian dimutasi menjadi Kasubid Pendidikan di Bappeda selama 7 tahun, dari tahun 2001 sampai 2008.


Setelah dari Bappeda, Bambang kembali dimutasi menjabat sebagai Sekcam Jombang Kota selama 2 tahun, hingga tahun 2010. Berselang dua tahun, kembali Bambang mendapatkan promosi jabatan sebagai Camat Perak hingga tahun 2014. 


Kemudian Bambang dipromosikan mantan Bupati Nyono Suharli Wihandoko tahun 2014 sebagai Camat Jombang Kota dan dimutasi mantan Bupati Mundjidah Wahab tahun 2019 sebagai Kabag Administrasi Pembangunan Setkab Jombang kemudian di mutasi ke Kabag tata pemerintahan. 


Tak lama setelah itu, atau lebih tepatnya pada 1 Juli 2022, Bambang didapuk menjadi Sekretaris DPRD (Sekwan) Jombang.


Dari serangkaian perjalanan karirnya, penghobi olahraga tenis dan menembak ini mengaku paling berkesan saat menjabat sebagai Camat Perak dan Jombang Kota. 


Sebab, lanjut Bambang, ia berhasil menorehkan prestasi berupa penghargaan sebagai wilayah Kecamatan Open Defication Free (ODF) atau wilayah dengan sanitasi terbaik tanpa buang air besar sembarangan.


Saat ini, meski beban kerja makin meningkat seiring mendekati purna tugas para wakil rakyat tahun 2024, Bambang tak lupa menyisihkan waktu luangnya untuk keluarga yang kini tinggal di Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek Jombang. 


Bambang mengaku bersyukur dari anugerah dari pernikahannya tahun 1999 dengan Nurul Roroyanti yang kini menjabat sebagai Kasubag Keuangan BKPSDM Jombang, telah dikaruniai tiga putra. 

Masing-masing Bryan Daffa Sriyadi, Bryan Efan Aptanta Sriyadi dan Bryan Khansa Fattan Sriyadi, pungkasnya.




(Gading)