Cegah Stunting, Dinas PUPR Nganjuk Bangun Sanitasi Warga di 15 Desa dan Kelurahan -->

Javatimes

Cegah Stunting, Dinas PUPR Nganjuk Bangun Sanitasi Warga di 15 Desa dan Kelurahan

javatimesonline
29 Oktober 2023

Salah satu titik pembangunan sanitasi di Desa Nglinggo, Kecamatan Gondang

NGANJUK, JAVATIMES -- Ratusan sanitasi atau pembangunan tangki septik skala individual perdesaan telah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  


Pembangunan itu tersebar di 15 desa atau kelurahan dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Nganjuk, dimana proses pembangunan ditarget tuntas Desember 2023 nanti. 


Hadirnya fasilitas tersebut diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat setempat seperti meningkatkan akses sanitasi yang layak dan mendukung kesehatan lingkungan.


Menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo, kebersihan dan kesehatan masih kerap terlupakan oleh warga Kabupaten Nganjuk, terutama bagi mereka yang bertempat tinggal di perdesaan.

Tidak semua orang mengerti masalah sanitasi, oleh karenanya kami membuat program ini yang sekarang itu ada 15 desa dan keurahan di Kabupaten Nganjuk, bebernya, Minggu (29/10/2023).


Adapun 15 desa yang mendapatkan bantuan program sanitasi tersebut di antaranya, Desa Tempuran, Desa Drenges, Desa Mojoseto, Desa Kedung Ombo, Desa Ngluyu, Desa Ngadipiro, Desa Ketawang, Desa Mungkung, Desa Senggowar, Desa Lengkong Lor, Desa Nglinggo, Kelurahan Warujayeng, Desa Balong Asem, Desa Kedung Suko, dan Desa Ngangkatan. Sementara jumlah titik di masing-masing desa atau kelurahan bervariasi.


Dijelaskan Gunawan, setiap titik sanitasi yang dibangun berukuran panjang 1,5 meter, lebar 1,25 meter dan tinggi 2 meter, dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 8 juta yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2023.

Program ini selain menyediakan akses sanitasi layak, juga memperkecil kasus penyakit akibat sanitasi buruk, termasuk juga stunting, ucap mantan Kepala Disporabudpar Kabupaten Nganjuk.


Dengan adanya bantuan ini, Gunawan berharap agar dapat dijaga dengan baik sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Bangunan ini untuk dijaga dengan baik, kalau perlu dilakukan pemeliharaan dan perawatan agar tetap berfungsi dengan baik sehingga bisa digunakan dalam waktu jangka panjang, tegasnya.


Di tempat terpisah, Kepala Desa (Kades) Nglinggo Dian Raga Berbudianto menilai bahwa program yang diberikan Pemkab Nganjuk melalui Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk sangat baik untuk masyarakat, khususnya terhadap ibu-ibu hamil agar mencegah terjadinya stunting di usia dini.

Semoga dengan dibangunnya sanitasi ini, bisa bermanfaat untuk masyarakat kami. Terima kasih atas perhatian dan segala bentuk bantuan yang telah diberikan Pemkab Nganjuk untuk masyarakat kami, pungkas Kades Nglinggo.



(AWA)