Resahkan Warga, ODGJ Asal Prambon Dievakuasi ke RSJ Menur -->

Javatimes

Resahkan Warga, ODGJ Asal Prambon Dievakuasi ke RSJ Menur

javatimesonline
20 September 2023
AJ (43), warga Desa Rowoharjo, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk saat dievakuasi ke mobil ambulan


NGANJUK, DJAVATIMES -- Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Polres Nganjuk bersama instansi terkait mendatangi kediaman keluarga AJ (43),  warga Desa Rowoharjo, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.


Kedatangan petugas kepolisian dari Polres Nganjuk bersama instansi terkait itu dalam rangka menindaklanjuti adanya laporan bahwa AJ kerap meresahkan warga dan keluarga lantaran mengalami gangguan jiwa.


Selain mendatangi kediaman keluarga AJ, berdasarkan pantauan awak media petugas kepolisian dan dinas terkait juga ikut mengantarkan ke rumah sakit jiwa (RSJ) Menur di Surabaya, dengan menaiki mobil ambulan bersama tim dokter.


Dikatakan Kapolres Nganjuk melalui Kapolsek Prambon AKP Riduwan, S.H., tindakan ini bertujuan untuk melindungi keluarga dan lingkungan sekitarnya dari potensi bahaya yang dapat timbul akibat kondisi ODGJ yang tidak terkontrol.

Sinergi antara TNI-Polri, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan setempat adalah bukti nyata bahwa kami selalu bekerja sama untuk melindungi masyarakat, terutama yang berada dalam kondisi yang rentan, ujar AKP Riduwan.


AKP Riduwan menambahkan, kegiatan ini merupakan contoh konkret dari kerja sama lintas sektor yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga keamanan di lingkungan sekitar.


Hal serupa juga disampaikan Bhabinkamtibmas Desa Rowoharjo Aipda M. Zaenal Arifin. Dia mengatakan bahwa kerja sama dari berbagai pihak akan menciptakan situasi yang aman, lancar, dan tanpa hambatan.

Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa AJ mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan dan sesuai prosedur sehingga tidak menjadi persoalan di kemudian hari, ungkap Aipda Zaenal.


Aipda Zaenal  menambahkan, kolaborasi ini merupakan upaya meminimalkan risiko potensi bahaya yang dapat muncul jika kondisinya tidak terkontrol.

 ODGJ AJ saat ini telah diserahkan kepada petugas yang telah terlatih untuk merawat dan memberikan pengobatan yang sesuai. Kita doakan, semoga dengan dilakukan penanganan di RSJ, AJ bisa lebih baik, pungkasnya.



(AWA)