Launching Aplikasi Nganjuk Smart City di Alun-alun, Kang Marhaen: Satu Aplikasi, Banyak Solusi -->

Javatimes

Launching Aplikasi Nganjuk Smart City di Alun-alun, Kang Marhaen: Satu Aplikasi, Banyak Solusi

javatimesonline
09 September 2023

Bupati bersama Forkopimda Nganjuk saaf meresmikan aplikasi Nganjuk Smart City


NGANJUK, DJAVATIMES -- Keberadaannya kota terus berubah dan mengalami perkembangan yang sangat signifikan serta membawa pengaruh yang besar dalam pola hidup dan peradaban manusia. Namun demikian, semakin cepat dan besar pertumbuhan sebuah kota, maka cenderung semakin besar pula masalah yang muncul terhadap kota tersebut.


Terkait berbagai permasalahan perkotaan tersebut, kemudian memunculkan kebutuhan yang mendesak dan sekaligus tantangan untuk menemukan cara-cara yang "cerdas" dan strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan meningkatkan kesejahteraan penduduk perkotaan.


Merespon terhadap tantangan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk pun telah menemukan formulanya. Yakni dengan hadirnya aplikasi Nganjuk Smart City (NSC).


Dikatakan Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, hadirnya aplikasi NSC ini ditujukan untuk merencanakan dan membangun distrik kota yang cerdas, di mana teknologi terintegrasi dalam infrastruktur dan digunakan untuk mengendalikan dan mengatur fungsi-fungsi kota dengan inovatif.

Konsep smart yang diterapkan dalam berbagai sistem pelayanan online di Kabupaten Nganjuk ini meliputi konsep sistemik (terhubung sistem), monitorable (dapat dipantau), accessible (mudah diakses), reliable (dapat dipercaya), serta time bound (memiliki batasan waktu), tutur Kang Marhaen sapaan akrabnya saat meresmikan aplikasi NSC di Alun-alun Nganjuk, Sabtu (9/9/2023).


Nantinya, kata Kang Marhaen, layanan masyarakat yang berkaitan dengan administrasi bisa diakses secara online melalui aplikasi NSC tersebut.

Layanan tersebut antara lain e-KTP, layanan online SIM, pembayaran pajak dan listrik. Kemudian kita juga siapkan informasi yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan, tempat wisata dan kuliner di Kabupaten Nganjuk. Selanjutnya bagi masyarakat yang ingin melaporkan kondisi di lingkungannya, seperti jalan rusak juga bisa memanfaatkan portal NSC di menu Wadul Bupati, ujarnya.

 
Bupati Nganjuk saat menyampaikan sambutan peresmian aplikasi NSC

Sehingga Nganjuk dalam genggaman. Hanya dengan satu aplikasi, banyak solusi. Tinggal klik di dalam satu aplikasi itu, maka dapat mengakses seluruh pelayanan publik yang akan digunakan dan tersedia di portal NSC, sambung orang nomor satu di Kabupaten Nganjuk.


Selain itu, Pemkab Nganjuk juga telah menyediakan Kawasan Ekonomi Nganjuk (KEN), yang akan memanjakan para pengunjungnya untuk menikmati layanan WiFi gratis dan CCTV online di sepanjang Jalan A Yani hingga Alun-Alun Nganjuk.

Total ada 7 titik WiFi gratis dan 40 CCTV yang sudah terpasang. Panjenengan dapat melihat dan mengetahui secara langsung keadaan, situasi dan kondisi kota Nganjuk, dengan mengakses portal NSC, urai alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

 

Fasilitas itu, lanjut Kang Marhaen diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman sekaligus menambah semarak masyarakat untuk datang di Alun-Alun Nganjuk dan Taman Nyawiji.

Sehingga masyarakat juga bisa lebih produktif, yang punya usaha online duduk cangkruk di sini gratis, sambil download atau ngirim file monggo. Harapan kita salah satunya adalah orang Nganjuk termasuk anak-anak kecil, remaja, para pedagang menjadi lebih produktif, dengan WiFi gratis, pungkas Bupati Nganjuk yang dikenal dekat dengan rakyat kecil.




(AWA)