10 MAKANAN KHAS NGANJUK YANG WAJIB ANDA COBA -->

Javatimes

10 MAKANAN KHAS NGANJUK YANG WAJIB ANDA COBA

javatimesonline
03 Desember 2021
Makanan khas Nganjuk


NGANJUK, Djavatimes -- Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia. Kota ini berada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Nganjuk kaya akan warisan budaya dan tempat wisatanya, tak ayal jika banyak yang menjuluki kota ini sebagai “Kota Angin, “Kota Brambang (bawang merah)”, “Kota Budaya”, dan lain sebagainya.

 

Kota ini sudah berusia sekitar 1084 tahun karena mulai resmi pada tanggal 10 April 937. Tentu saja banyak cerita turun temurun, dan warisan budaya yang terus berusaha dilestarikan oleh generasi baru termasuk dalam bidang kuliner.



Kuliner di Nganjuk didominasi dengan masakan Jawa yang kaya akan rempah. Makanan khas Nganjuk sangat istimewa dengan beragam cita rasa. Beberapa makanan khas Nganjuk ini juga tergolong unik dan tak dapat ditemui di daerah lain.

 

Oleh karena itu, untuk mengenal warisan budaya berupa masakan khas Nganjuk, berikut makanan khas Nganjuk yang harus dicicipi pendatang.

1. Sego Banting

Sego Banting

 
Pada dasarnya sego banting hampir mirip dengan sego kucing yang biasa kita temukan di angkringan – angkringan pinggir jalan.

 

Perbedaaannya terletak pada porsi dari kedua nasi ini. Sego banting cenderung lebih banyak dari sego kucing dan didalam sego banting sudah terdapat sambel cabai merah yang pastinya akan membuat rasa dari sego banting lebih mantap dan pedas.

 

Bagi yang ingin menikmatinya, anda tak perlu susah untuk mencarinya. Karena hampir disetiap angkringan menjajakan sego banting.

 

 

2. Nasi Tumpang Bledek Khas Nganjuk

Nasi Tumpang

Bagi Anda yang sering datang ke Nganjuk pastinya sudah tidak asing lagi dengan nasi tumpang khas Nganjuk. Nasi tumpang ini merupakan makanan yang paling terkenal di Nganjuk yaitu nasi yang diluluri dengan sambal tumpang dengan tambahan daun kulup.

 

Sambal tumpang ini adalah sambal khas dari Nganjuk yang dibuat dari tempe busuk atau tempe yang sudah difermentasi. Selanjutnya, tempe yang sudah difermentasikan dicampur dengan bumbu yang khas dengan balutan rempah yang menggugah selera makan.

 

Untuk menikmati hidangan tersebut, Anda cukup berkunjung di sekitaran Jalan Gubernur Suryo III Kelurahan Kauman Nganjuk.


3. Kerupuk Pecel Khas Nganjuk

Kerupuk Pecel

Makanan khas Nganjuk yang satu ini adalah sebuah kerupuk yang dibakar dan dicampur dengan beberapa sayuran segar. Cara penyajiannya, kerupuk pecel ini biasanya disajikan dengan sayuran yang berupa capar atau biasa kita kenal dengan toge, bayam, kenikir, mbayung, rebung dan kacang panjang. Selanjutnya, makanan kerupuk pecel ini akan dilumuri dengan bumbu pecel yang sangat menggoda dan pastinya akan menambah cita rasa dari makanan ini.

 

Hampir di setiap kecamatan di kabupaten Nganjuk menjajakan makanan kerupuk pecel ini.

 

4. Kerupuk Upil Khas Nganjuk

Kerupuk Upil

Dilihat dari namanya, kerupuk upil terkesan menjijikkan. Namun soal rasa tidak bisa diragukan. Kerupuk upil mempunyai bentuk mungil dan cara menggorengnya cukup unik. Kerupuk ini digoreng dengan menggunakan pasir.

 

Bagi pecinta kerupuk upil bisa berkunjung di Dusun Ngemplak Desa Gondang Kulon Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk.

 

5. Dumbleg khas Nganjuk

Dumbleg

Makana khas Nganjuk yang selanjutnya adalah dumbleg, dumbleg ini memiliki bentuk dan tekstur seperti dodol. 

 

Dumbleg khas Nganjuk ini terbuat dari gula jawa, tepung ketan dan santan kelapa. Makanan dumbleg khas Nganjuk ini memiliki rasa yang legit dan manis.

 

Jika Anda berminat, bisa mengunjungi Pasar Gondang atau di sekitar Alun-Alun Nganjuk.

 

6. Nasi Becek Khas Nganjuk

Nasi Becek

Nasi becek ini adalah salah satu makanan yang mempunyai bentuk dan rasa seperti kari kambing.  Bisa dibilang, sego becek ini adalah penggabungan dari kari kambing dan soto babat. 

 

Nasi atau sego bebek ini berisi potongan – potongan sate kambing yang telah dilepaskan dari tusuknya. Makanan ini cenderung manis dan tidak terlalu asin.


Bagi pecinta kuliner yang ingin menikmatinya, Anda bisa berkunjung ke Jalan Dr. Sutomo Kelurahan Payaman Nganjuk.


7. Nasi Jagung Sedudo Khas Nganjuk

Nasi Jagung Sedudo

Masakan ini adalah sebuah nasi jagung yang disajikan dengan cara dipincuk dengan daun pisang, lalu ditambah dengan aneka sayuran matang yang dibalut dengan sambal kelapa, rempeyek dan juga ikan asin.

 

Anda dapat menikmatinya di sekitaran wisata air terjun Sedudo.


8. Asem – asem kambing

Asem - asem kambing
Asem-asem Kambing

Asem – asem kambing khas Nganjuk ini terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan daun kedondong dan aneka bumbu lainnya yang pastinya akan menggungah selera makan Anda. 

Rasa masakan yang segar dan juga asam ini sangat cocok disantap saat siang hari.

 

Anda dapat menikmati masakan ini di sekitaran Kecamatan Ngluyu memasuki area wisata Goa Margo Tresno.


9. Onde-Onde Njeblos

Onde-onde jeblos
 

Jajanan khas Nganjuk yang satu ini terbuat dari bahan tepung terigu dicampur dengan soda kue sehingga menjadikan adonannya kalis. Adonan tersebut dibentuk bulatan dan digulingkan pada wijen, selanjutnya digoreng. Onde-onde Njeblos ini memiliki tekstur yang kering dan renyah tanpa isian apapun.

 

10. Bawang Goreng

Bawang Goreng

Nganjuk dikenal sebagai salah satu kabupaten penghasil bawang merah terbanyak di Indonesia. Tak ayal banyak olahan bawang merah yang beredar di pasaran, salah satunya bawang goreng.


Bawang merah goreng kriuk khas Nganjuk ini memang terbilang istimewa dan berbeda dengan bawang goreng pada umumnya. Pasalnya, bawang goreng kriuk ini tersedia dalam beberapa varian, yaitu original, pedas dan asin. 

 

Tekstur bawang goreng ini benar-benar crunchy dan tidak mudah melempem meskipun telah disimpan beberapa hari. Bawang merah goreng kriuk ini bisa anda dapatkan banyak toko oleh-oleh yang ada di Nganjuk dengan harga yang cukup terjangkau.



Demikian makanan khas Nganjuk yang unik dan nikmat. Selain untuk makan berat, makanan di atas juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.



(AWA)